Tugas Kelompok 5.1: Menurunkan Enterprise Goals menjadi Enabler Goals
Selamat datang kembali di blog! Pada kesempatan ini saya membahas tentang bagaimana penerapan COBIT 5, sebagai sebuah kerangkan kerja yang inovatid dan masih relevan dalam dunia manajemen teknologi informasi (TI). Disini kita akan menjelajahi bagaimana COBIT 5 dapat menjadi panduan yang kuat bagi organisasi dalam mencapai tujuan bisnisnya.
Studi kasus yang akan dibahas adalah mengenai sebuah perusahaan yang
telah menetapkan tujuan bisnisnya yang ambisius, dengan meningkatkan kepuasan
pelanggan sebagai prioritas utama mereka. Menyadari bahwa TI memiliki peran
perintah dalam mencapai tujuan ini, perusahaan tersebut berusaha untuk memahami
bagaimana meningkatkan aspek-aspek yang berkaitan dengan TI agar sesuai dengan
tujuan bisnis.
Dalam upaya
ini, memutuskan untuk mengadopsi COBIT 5 sebagai framework yang
telah banyak membantu organisasi mengelola dan mengendalikan TI dengan efektif
dan efisien. Salah satu langkah awal dalam penerapan COBIT 5 adalah dengan
menurunkan tujuan bisnis perusahaan meliputi :
1.
6. Customer-Oriented Service
Culture
2.
7. Business Service Continuity
and availability,
3.
8. Agile Responses To a Changing Business Environment.
Untuk
mengerjakan tugas ini, dengan panduan proses menurunkan tujuan bisnis
perusahaan menjadi Enabler Goals relevan menggunakan COBIT
5 Goals Cascade Overwiew. Dapat menjelaskan bagaimana
mengidentifikasi tujuan COBIT 5 yang paling sesaui dengan tujuan perusahaan,
dan kemudian menjabarkannya menjadi Enabler Goals yang
spesifik. Berikut COBIT 5 Goals Cascade Overview :
Berdasarkan
panduan gambar 1, perusahaan sudah menentukan enterprise goal mereka, yang mana
enterprise goals tersebut dapat dilihat pada figure 5 pada buku panduan COBIT 5
sebagai berikut :Gambar 1. Goal Cascade Overview
Berdasarkan
tabel pada gambar 5 perusahaan berfokus pada peningkatan kepuasan pelanggan
sebagai prioritas utama sehingga BSC Dimension yang dipilih ada bagian Customer
dengan Enterprise Goals yang ditentukan adalah Customer-Oriented Service
Culture, Business Service Continuity and Availability, dan Agile Responses To a
Changing Business Environment.
Kemudian
berdasarkan gambar 5, selanjutnya mencari IT-Releted Goals yang dapat dilihat
pada Appendix B, sebagai berikut :
Pada
mapping tersebut terdapat ‘P dan S’ yang menyatakan jika inisial ‘P’ adalah
primer yang artinya harus diambil sedangkan ‘S’ adalah sekunder artinya tidak
harus diambil.
Kemudian
kembali ke panduan gambar 1, setelah menentukan IT-Releted Goals selanjutnya
adalah menurunkan IT-Releted Goals ke Enabler Goals. Untuk menentukan Enabler
Goals dapat dilihat pada Appendix C, sebagai berikut :
Pertanyaan
1.
Turunkan Hingga Enabler Goals
2.
Jelaskan Enabler Goals Yang
Berkaitan Dengan EDM, APO, dan BAI
Enterprise Goals |
|
6 |
Customer-oriented service culture |
7 |
Business service continuity and availability |
8 |
Agile responses to a changing business environment |
(6)
Customer-Oriented Service Culture
Figure 6. IT Related Goals |
||
6. Customer-oriented service culture |
||
Financial |
01 |
Alignment of IT and business strategy |
Customer |
07 |
Delivery of IT services in line with business requirements |
Enabler Goals |
||
Financial |
EDM |
01 Alignment of IT and business strategy |
EDM01 |
Ensure Governance Framework Setting and Maintenance |
|
EDM02 |
Ensure Benefits Delivery |
|
APO |
01 Alignment of IT and business strategy |
|
APO01 |
Manage the IT Management Framework |
|
APO02 |
Manage Strategy |
|
APO03 |
Manage Enterprise Architecture |
|
APO05 |
Manage Portfolio |
|
APO07 |
Manage Human Resources |
|
APO08 |
Manage Relationships |
|
BAI |
01 Alignment of IT and business strategy |
|
BAI01 |
Manage Programmes and Projects |
|
BAI02 |
Manage Requirements Definition |
Setelah
menurunkan enterprise goals menjadi enabler goals. Selanjutnya menjelaskan
bagaimana keterkaitan enabler goals dengan domain EDM, APO, dan BAI. Dengan
penjelasannya sebagai berikut :
1.
Financial – 01 Alignment of
IT and business strategy
a. Domain
EDM (Evaluate, Direct, Monitor) :
- Enabler
Goal: EDM01 Ensure Governance Framework Setting and Maintenance
- Penjelasan: Enabler
EDM01 memiliki fokus dalam mengatur kerangka tata kelola dan pemeliharaan.
Dalam domain ini, perusahaan harus mengatur tata kelola dan melakukan
pemeliharaan tata kelola yang dijalankan.
- Enabler
Goal: EDM02 Ensure Benefits Delivery
- Penjelasan: Domain
ini perusahaan memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa manfaat dari
menerapkan tata kelola yang baik itu dapat tersampaikan atau dengan kata
lain penerapannya tidak sia-sia
b. Domain
APO (Align, Plan, Organize):
- Enabler
Goal: APO01 Manage the IT Management Framework
- Penjelasan: APO01
berkaitan dengan pengelolaan manajemen IT. Perusahaan perlu memperhatikan
SOP dalam pengelolaan IT. Hal itu termasuk pembuatan, pengembangan dan
maintenance.
- Enabler
Goal: APO02 Manage Strategy
- Penjelasan: APO02
berkaitan dengan manajemen strategi. Dalam upaya pengelolaan organisasi
dan meningkatkan value perusahaan, stakeholder perlu menentukan strategi
seperti apa yang cocok diterapkan untuk perusahaan dalam jangka waktu
pendek maupun jangka panjang.
- Enabler
Goal: APO03 Manage Enterprise Architecture
- Penjelasan: APO03
berfokus pada pengelolaan enterprise architecture. Perusahaan harus dapat
mengelola proses bisnis dan teknologi untuk mencapai target perusahaan.
Selain itu, perusahaan juga harus mengintegrasikan kedua hal tersebut
- Enabler
Goal: APO05 Manage Portfolio
- Penjelasan: APO05
berkaitan dengan branding perusahaan. Setiap pencapaian perusahaan dapat
menjadi portofolio yang mampu meningkatkan value perusahaan menjadi lebih
baik. Ini juga merupakan suatu strategi bisnis yang baik.
- Enabler
Goal: APO07 Manage Human Resources
- Penjelasan: APO07
pengelolaan sumber daya manusia. Perusahaan harus dapat memberdayakan dan
memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya. Pelatihan, sertifikasi dan
penempatan sesuai dengan jobdesknya merupakan beberapa opsi pemberdayaann
sumber daya manusia.
- Enabler
Goal: APO08 Manage Relationships
- Penjelasan: APO08
manajemen hubungan. Hubungan perusahaan baik secara internal maupun
eksternal dapat membantu meningkatkan kekuatan perusahaan. Perusahaan
dapat lebih solid dan juga kompak. Selain itu, perusahaan mampu melakukan
proyek-proyek besar dan meningkatkan kepercayaan dengan pihak eksternal.
c. Domain
BAI (Build, Acquire, Implement) :
- Enabler
Goal: BAI01 Manage Programmes and Projects
- Penjelasan: Pada
domain BAI berfokus pada pengelolaan program dan proyek TI. Dalam domain
BAI, organisasi harus melakukan pengelolaaan program dan proyek TI
organisasi dengan baik, hal ini berkaitan dengan proses perencanaa,
pengorganisasian, dan implementasi TI yang efektif untuk memastikan
keberhasilan pengembangan dan implementasi TI.
- Enabler
Goal: BAI02 Manage Requirements Definition
- Penjelasan: Identifikasi
solusi dan analisis persyaratan sebelum akuisisi atau pembuatan untuk
memastikan bahwa mereka selaras dengan persyaratan strategis perusahaan
yang mencakup proses bisnis, aplikasi, informasi/data, infrastruktur, dan
layanan. Koordinasikan tinjauan opsi yang layak dengan pemangku
kepentingan yang terkena dampak, termasuk biaya dan manfaat relatif, analisis
risiko, dan persetujuan persyaratan dan solusi yang diusulkan.
Enabler Goals |
||
Customer |
EDM |
07 Delivery of IT services in line with business requirements |
EDM01 |
Ensure Governance Framework Setting and Maintenance |
|
EDM02 |
Ensure Benefits Delivery |
|
EDM05 |
Ensure Stakeholder Transparency |
|
APO |
07 Delivery of IT services in line with business requirements |
|
APO02 |
Manage Strategy |
|
APO08 |
Manage Relationships |
|
APO09 |
Manage Service Agreements |
|
APO10 |
Manage Suppliers |
|
APO11 |
Manage Quality |
|
BAI |
07 Delivery of IT services in line with business requirements |
|
BAI02 |
Manage Requirements Definition |
|
BAI03 |
Manage Solutions Identification and Build |
|
BAI04 |
Manage Availability and Capacity |
|
BAI06 |
Manage Change |
Setelah
menurunkan enterprise goals menjadi enabler goals. Selanjutnya menjelaskan
bagaimana keterkaitan enabler goals dengan domain EDM, APO, dan BAI. Dengan
penjelasannya sebagai berikut :
2. Customer
– 07 Delivery of IT services in line with business requirements
a. Domain
EDM (Evaluate, Direct, Monitor) :
- Enabler
Goal: EDM01 Ensure Governance Framework Setting and Maintenance
- Penjelasan: Enabler
EDM01 memiliki fokus dalam mengatur kerangka tata kelola dan pemeliharaan.
Dalam domain ini, perusahaan harus mengatur tata kelola dan melakukan
pemeliharaan tata kelola yang dijalankan.
- Enabler
Goal: EDM02 Ensure Benefits Delivery
- Penjelasan: Domain
ini perusahaan memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa manfaat dari
menerapkan tata kelola yang baik itu dapat tersampaikan atau dengan kata
lain penerapannya tidak sia-sia.
- Enabler
Goal: EDM05 Ensure Stakeholder Transparency
- Penjelasan: berfokus
kepada proses memastikan kinerja perusahaan terkait IT dan kesesuaian
antara pengukuran dan pelaporan yang transparan dengan para pemangku
kepentingan untuk merumuskan tindakan perbaikan.
b. Domain
APO (Align, Plan, Organize) :
- Enabler
Goal: APO02 Manage Strategy
- Penjelasan: APO02
berkaitan dengan manajemen strategi. Dalam upaya pengelolaan organisasi
dan meningkatkan value perusahaan, stakeholder perlu menentukan strategi
seperti apa yang cocok diterapkan untuk perusahaan dalam jangka waktu
pendek maupun jangka panjang.
- Enabler
Goal: APO08 Manage Relationships
- Penjelasan: APO08
manajemen hubungan. Hubungan perusahaan baik secara internal maupun
eksternal dapat membantu meningkatkan kekuatan perusahaan. Perusahaan
dapat lebih solid dan juga kompak. Selain itu, perusahaan mampu melakukan
proyek-proyek besar dan meningkatkan kepercayaan dengan pihak eksternal.
- Enabler
Goal: APO09 Manage Service Agreements
- Penjelasan: enabler
goal berkaitan dengan pengelolaan perjanjian layanan terkait TI. Dalam
domain APO, organisasi perlu memiliki mekanisme yang efektif untuk
mengatur, melaksanakna, dan memantau perjanjian layanan dengan pihak
internal maupun eksternal. Keterkaitan enabler goal APO09 dengan domain
APO yaitu pada perencanaan dan penyusunan perjanjian layanan, implementasi
dan pelaksanaan perjajian layanan, serta pemantauan dan evaluasi layanan.
Dengan mengimplementasikan enabler goal APO09, organisasi dapat memastikan
bahwa perjanjian layanan terkait TI, dapat dikelola dengan baik, serta
akan membentuk keselarasan antara kebutuhan bisnis dan layanan TI yang
disediakan, meningkatkan transparasi, dan akuntabilitas pengaturan layanan
TI.
- Enabler
Goal: APO10 Manage Suppliers
- Penjelasan: APO10
berkaitan dengan manajemen supplier, dimana dalam upaya pengelolaannya
organisasi perlu melakukan beberapa upaya yang berkaitan dengan manejemen
supplier. Diantaranya yaitu organisasi perlu melakukan seleksi supplier,
evaluasi, dan memantau kinerja supplier. Dengan menerapkan enabler goal
APO10, diharapkan mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia,
serta memastikan bahwa kebutuhan organisasi terpenuhi dengan baik.
- Enabler
Goal: APO11 Manage Quality
- Penjelasan: Mendefinisikan
dan mengkomunikasikan persyaratan kualitas dalam semua proses, prosedur
dan hasil perusahaan terkait, termasuk pengendalian, pemantauan
berkelanjutan dan penggunaan praktik dan standar yang telah terbukti dalam
upaya perbaikan dan efisiensi terus menerus.
c. Domain
BAI (Build, Acquire, Implement) :
- Enabler
Goal: BAI02 Manage Requirements Definition
- Penjelasan: Identifikasi
solusi dan analisis persyaratan sebelum akuisisi atau pembuatan untuk
memastikan bahwa mereka selaras dengan persyaratan strategis perusahaan
yang mencakup proses bisnis, aplikasi, informasi/data, infrastruktur, dan
layanan. Koordinasikan tinjauan opsi yang layak dengan pemangku
kepentingan yang terkena dampak, termasuk biaya dan manfaat relatif,
analisis risiko, dan persetujuan persyaratan dan solusi yang diusulkan.
- Enabler
Goal: BAI03 Solutions Identification and Build
- Penjelasan
: berfokus
kepada pengaturan waktu dan biaya yang efektif juga identifikasi solusi
dan perencanaan pelaksanaannya dalam membantu perusahaan mencapai tujuan.
- strategisnya.
- Enabler
Goal: BAI04 Manage Availability and Capacity
- Penjelasan: enabler
goal BAI04 berkaitan dengan domain BAI yang berfokus pada perencanaan,
implementasi, pemantauan ketersediaan, da kapasista sistem layanan TI.
Dengan implementasi BAI04, organisasi dapat memastikan ketersediaan dan
kapasitas terkait kinerja TI untuk mencapai tujuan bisnis.
- Enabler
Goal: BAI06 Manage Change
- Penjelasan: BAI06
berkaitan dengan pengelolaan perubahan dalam lingkungan TI. Dalam domain
BAI, organisasi perlu memahami dan mengelola perubahan terkait sistem,
proses, dan infrastruktu TI dengan optimal untuk meminimalisir risiko dan
memperbesar keberhasilan transisi.
(7)
Business Service Continuity and Availability
Figure 6. IT Related Goals |
||
7. Business service continuity and availability |
||
Financial |
04 |
Managed IT-related business risk |
Internal |
10 |
Security of information, processing infrastructure and applications |
Internal |
14 |
Availability of reliable and useful information for decision making |
Enabler Goals |
||
Financial |
EDM |
04 Managed IT-related business risk |
EDM03 |
Ensure Risk Optimisation |
|
APO |
04 Managed IT-related business risk |
|
APO10 |
Manage Suppliers |
|
APO12 |
Manage Risk |
|
APO13 |
Manage Security |
|
BAI |
04 Managed IT-related business risk |
|
BAI01 |
Manage Programmes and Projects |
|
BAI06 |
Manage Changes |
Enabler Goals |
||
Internal |
EDM |
10 Security of information, processing infrastructure and applications |
EDM03 |
Ensure Risk Optimisation |
|
APO |
10 Security of information, processing infrastructure and applications |
|
APO12 |
Manage Risk |
|
APO13 |
Manage Security |
|
BAI |
10 Security of information, processing infrastructure and applications |
|
BAI06 |
Manage Changes |
Enabler Goals |
||
Internal |
APO |
14 Managed IT-related business risk |
APO09 |
Manage Service Agreements |
|
APO13 |
Manage Security |
|
BAI |
14 Managed IT-related business risk |
|
BAI04 |
Manage Availability and Capacity |
|
BAI10 |
Manage Configuration |
Setelah
menurunkan enterprise goals menjadi enabler goals. Selanjutnya menjelaskan
bagaimana keterkaitan enabler goals dengan domain EDM, APO, dan BAI. Dengan
penjelasannya sebagai berikut :
1.
04 Managed IT-related business
risk
a. Domain
EDM (Evaluate, Direct, Monitor) :
- Enabler
Goal: EDM03 Ensure Risk Optimisation
- Penjelasan:
Enabler goals EDM03 memiliki fokus pada evaluasi, pengawasan, dan
pengoptimalan risiko IT. Dalam domain ini, organisasi perlu melakukan
evaluasi risiko IT didalam organisasi secara teratur, untuk mengelola
risiko, dan melakukan monitoring.
b. Domain
APO (Align, Plan, Organize) :
- Enabler
Goal: APO10 Manage Suppliers
- Penjelasan:
APO10 berkaitan dengan manajemen supplier, dimana dalam upaya
pengelolaannya organisasi perlu melakukan beberapa upaya yang berkaitan
dengan manejemen supplier. Diantaranya yaitu organisasi perlu melakukan
seleksi supplier, evaluasi, dan memantau kinerja supplier. Dengan
menerapkan enabler goal APO10, diharapkan mengoptimalkan penggunaan sumber
daya yang tersedia, serta memastikan bahwa kebutuhan organisasi terpenuhi
dengan baik.
- Enabler
Goal: APO12 Manage Risk
- Penjelasan:
Enabler goal APO12 terhadap domain APO kaitannya, yaitu organisasi perlu
secara aktif melakukan identifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko
yang berkaitan dengan layanan, sistem, dan infrastruktur TI. Dengan
mengimplementasikan enabler goal APO12, diharapkan organisasi dapat
meminimalkan dampak negatif dari risiko, melindungi aset TI, dan
memastikan keberlangsungan operasional perusahaan.
- Enabler
Goal: APO13 Manage Security
- Penjelasan:
enabler APO13 berfokus pada pengelolaan keamanan TI. Dalam domain APO,
organisasi perlu melakukan perencanaan, implementasi, dan melakukan
pengawasn terkait keamanan TI organisasi meliput perlindungan data,
identifikasi ancaman security, dan memantau keamanan TI organisasi.
c. Domain
BAI (Build, Acquire, Implement) :
- Enabler
Goal: BAI01
Manage Programmes and Projects
- Penjelasan:
enabler goal BAI01 pada domain BAI berfokus pada pengelolaan program dan
proyek TI. Dalam domain BAI, organisasi harus melakukan pengelolaaan
program dan proyek TI organisasi dengan baik, hal ini berkaitan dengan
proses perencanaa, pengorganisasian, dan implementasi TI yang efektif
untuk memastikan keberhasilan pengembangan dan implementasi TI.
- Enabler
Goal: BAI06 Manage Changes
- Penjelasan: BAI06
berkaitan dengan pengelolaan perubahan dalam lingkungan TI. Dalam domain
BAI, organisasi perlu memahami dan mengelola perubahan terkait sistem,
proses, dan infrastruktur TI dengan optimal untuk meminimalisir risiko dan
memperbesar keberhasilan transisi.
2. Internal
– 10 Security of information processing infrastructure and applications
a. Domain
EDM (Evaluate, Direct, Monitor) :
- Enabler
goal: EDM03 Ensure Risk Optimisation
- Penjelasan: EDM03
memiliki peran penting. Dengan mengimplementasikan pengoptimalan risiko
yang efektif, dapat mengidentifikasi, mengukur, dan mengelola risiko yang
berkaitan dengan infrasturktur dan implementasi pengolahan informasi. Hal
ini mencakup evaluasi keamanan, mitigasi risiko, pemantauan aktivitas
keamanan, dan implementasi kontrol yang tepat.
b. Domain
APO (Align, Plan, Organize) :
- Enabler
goal: APO12 Manage Risk
- Penjelasan: APO12
dalam konteks IT-Releted goal ‘Security of information processing
infrastructure and applications’ membantu untuk mengidentifikasi,
mengevaluasi, dan mengelola risiko terkati infrastruktur dan implementasi
TI yang dapat mempengaruhi keamanan informasi.
- Enabler
goal: APO13 Manage Security
- Penjelasan: enabler
goal APO13 berfokus pada langkah-langkah untuk mengelola keamanan TI,
seperti melindungi data, mengidentifikasi ancaman, dan memantau keamanan
yang relevan untuk memastikan keamanan infrastruktur dan aplikasi
pengolahan informasi.
c. Domain
BAI (Build, Acquire, Implement) :
- Enabler
goal: BAI06 Manage Changes
- Penjelasan: BAI06
berfokus pada pengelolaan perubahan yang terjadi dalam lingkungan TI.
Domain BAI, organisasi perlu untuk memahami dan mengeloal perubahan yang
terkait dengan sistem, proses, dan infrastruktur TI. Keterkaitan tersebut
dapat dijelaskan dengan melakukan indentifikasi dan penilaian perubahan,
melakukan perencanaan, dan mengkoordinasikan terkait perubahan yang ada
dengan pemangku kepentingan. Dengan implementasi enabler goal BAI06, diharapkan
organisasi mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam mengelola
perubahan TI yang ada didalam perusahaan.
3. Internal
– 14 Availability of reliable and useful information for decision making
a. Domain
APO (Align, Plan, Organize)
- Enabler
Goal: APO09 Manage Service Agreements
- Penjelasan: enabler
goal berkaitan dengan pengelolaan perjanjian layanan terkait TI. Dalam
domain APO, organisasi perlu memiliki mekanisme yang efektif untuk
mengatur, melaksanakna, dan memantau perjanjian layanan dengan pihak
internal maupun eksternal. Keterkaitan enabler goal APO09 dengan domain
APO yaitu pada perencanaan dan penyusunan perjanjian layanan, implementasi
dan pelaksanaan perjajian layanan, serta pemantauan dan evaluasi layanan.
Dengan mengimplementasikan enabler goal APO09, organisasi dapat memastikan
bahwa perjanjian layanan terkait TI, dapat dikelola dengan baik, serta
akan membentuk keselarasan antara kebutuhan bisnis dan layanan TI yang
disediakan, meningkatkan transparasi, dan akuntabilitas pengaturan layanan
TI.
- Enabler
Goal: APO13 Manage Security
- Penjelasan:
Keterkaitan APO13 dengan domain APO yaitu APO13 dapat membantu organisasi
untuk melakukan penilaian risiko keaman TI secara sistematis, memberikan
panduan kepada organisasi untuk merencanakan dan menerapkan
langkah-langkah keamanan yang sesuai dengan risiko yang teridentifikasi,
serta melibatkan pemantauan berkelanjutan terhadap keamanan TI dan
penanganan insiden keamanan yang terjadi. Dengan implementasi ini,
organisasi dapat meningkatkan keamanan TI, melindungi informasi berharga,
serta mengurangi risiko yang mungkin terjadi.
b. Domain
BAI (Build, Acquire, Implement) :
- Enabler
Goal: BAI04 Manage Availability and Capacity
- Penjelasan: enabler
goal BAI04 berkaitan dengan domain BAI yang berfokus pada perencanaan,
implementasi, pemantauan ketersediaan, da kapasista sistem layanan TI.
Dengan implementasi BAI04, organisasi dapat memastikan ketersediaan dan
kapasitas terkait kinerja TI untuk mencapai tujuan bisnis.
- Enabler
goal: BAI10 Manage Configuration
- Penjelasan: kaitan
antara BAI10 dengan domain BAI adalah enabler goal tersebut melibatkan
konfigurasi TI dalam organisasi, melakukan kontrol perubahan dan versi
lingkungan TI, serta audit konfigurasi terhadap keadaan lingkungan TI.
Implementasi BAI10 dalam domain BAI ini dapat membantu organisasi dalam
mengelola konfigurasi TI dengan baik, memastikan keandalan dan kesesuaian
komponen TI, serta meningkatkan kontrol terhadap perubahan dan pemahaman
tentang komponen TI yang digunakan.
(8) Agile
Responses To A Changing Business Environment
Figure 6. IT Related Goals |
||
8. Agile responses to a changing business environment |
||
Financial |
01 |
Alignment of IT and business strategy |
Customer |
07 |
Delivery of IT services in line with business requirements |
Internal |
09 |
IT agility |
Learning and Growth |
17 |
Knowledge, expertise and initiatives for business innovation |
Enabler Goals |
||
Financial |
EDM |
01 Alignment of IT and business strategy |
EDM01 |
Ensure Governance Framework Setting and Maintenance |
|
EDM02 |
Ensure Benefits Delivery |
|
APO |
01 Alignment of IT and business strategy |
|
APO01 |
Manage the IT Management Framework |
|
APO02 |
Manage Strategy |
|
APO03 |
Manage Enterprise Architecture |
|
APO05 |
Manage Portfolio |
|
APO07 |
Manage Human Resources |
|
APO08 |
Manage Relationships |
|
BAI |
01 Alignment of IT and business strategy |
|
BAI01 |
Manage Programmes and Projects |
|
BAI02 |
Manage Requirements Definition |
Setelah
menurunkan enterprise goals menjadi enabler goals. Selanjutnya menjelaskan
bagaimana keterkaitan enabler goals dengan domain EDM, APO, dan BAI. Dengan
penjelasannya sebagai berikut :
1.
Financial – 01 Alignment of IT
and business strategy
a. Domain
EDM (Evaluate, Direct, Monitor) :
- Enabler
Goal: EDM01 Ensure Governance Framework Setting and Maintenance
- Penjelasan: Menganalisis
dan mengartikulasikan persyaratan untuk tata kelola TI perusahaan, dan
menempatkan dan memelihara struktur, prinsip, proses dan praktik, dengan
kejelasan tanggung jawab dan wewenang untuk mencapai misi, tujuan, dan
sasaran perusahaan.
- Enabler
Goal: EDM02 Ensure Benefits Delivery
- Penjelasan: Mengoptimalkan
kontribusi nilai terhadap bisnis dari proses bisnis, layanan TI dan aset
TI yang dihasilkan dari investasi yang dilakukan oleh TI di biaya yang
dapat diterima.
b. Domain
APO (Align, Plan, Organize) :
- Enabler
Goal: APO01 Manage the IT Management Framework
- Penjelasan: APO01
berkaitan dengan pengelolaan manajemen IT. Perusahaan perlu memperhatikan
SOP dalam pengelolaan IT. Hal itu termasuk pembuatan, pengembangan dan
maintenance.
- Enabler
Goal: APO02 Manage Strategy
- Penjelasan: APO02
berkaitan dengan manajemen strategi. Dalam upaya pengelolaan organisasi
dan meningkatkan value perusahaan, stakeholder perlu menentukan strategi
seperti apa yang cocok diterapkan untuk perusahaan dalam jangka waktu
pendek maupun jangka panjang.
- Enabler
Goal: APO03 Manage Enterprise Architecture
- Penjelasan: APO03
berfokus pada pengelolaan enterprise architecture. Perusahaan harus dapat
mengelola proses bisnis dan teknologi untuk mencapai target perusahaan.
Selain itu, perusahaan juga harus mengintegrasikan kedua hal tersebut..
- Enabler
Goal: APO05 Manage Portfolio
- Penjelasan:APO05
berkaitan dengan branding perusahaan. Setiap pencapaian perusahaan dapat
menjadi portofolio yang mampu meningkatkan value perusahaan menjadi lebih
baik. Ini juga merupakan suatu strategi bisnis yang baik
- Enabler
Goal: APO07 Manage Human Resources
- Penjelasan: APO07
pengelolaan sumber daya manusia. Perusahaan harus dapat memberdayakan dan
memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya. Pelatihan, sertifikasi dan penempatan
sesuai dengan jobdesknya merupakan beberapa opsi pemberdayaann sumber daya
manusia.
- Enabler
Goal: APO08 Manage Relationships
- Penjelasan: APO08
manajemen hubungan. Hubungan perusahaan baik secara internal maupun
eksternal dapat membantu meningkatkan kekuatan perusahaan. Perusahaan
dapat lebih solid dan juga kompak. Selain itu, perusahaan mampu melakukan
proyek-proyek besar dan meningkatkan kepercayaan dengan pihak eksternal.
c. Domain
BAI (Build, Acquire, Implement) :
- Enabler
Goal: BAI01 Manage Programmes and Projects
- Penjelasan: Pada
domain BAI berfokus pada pengelolaan program dan proyek TI. Dalam domain
BAI, organisasi harus melakukan pengelolaaan program dan proyek TI
organisasi dengan baik, hal ini berkaitan dengan proses perencanaa,
pengorganisasian, dan implementasi TI yang efektif untuk memastikan
keberhasilan pengembangan dan implementasi TI.
- Enabler
Goal: BAI02 Manage Requirements Definition
- Penjelasan: Identifikasi
solusi dan analisis persyaratan sebelum akuisisi atau pembuatan untuk
memastikan bahwa mereka selaras dengan persyaratan strategis perusahaan
yang mencakup proses bisnis, aplikasi, informasi/data, infrastruktur, dan
layanan. Koordinasikan tinjauan opsi yang layak dengan pemangku
kepentingan yang terkena dampak, termasuk biaya dan manfaat relatif,
analisis risiko, dan persetujuan persyaratan dan solusi yang diusulkan.
Enabler Goals |
||
Customer |
EDM |
07 Delivery of IT services in line with business requirements |
EDM01 |
Ensure Governance Framework Setting and Maintenance |
|
EDM02 |
Ensure Benefits Delivery |
|
EDM05 |
Ensure Stakeholder Transparency |
|
APO |
07 Delivery of IT services in line with business requirements |
|
APO02 |
Manage Strategy |
|
APO08 |
Manage Relationships |
|
APO09 |
Manage Service Agreements |
|
APO10 |
Manage Suppliers |
|
APO11 |
Manage Quality |
|
BAI |
07 Delivery of IT services in line with business requirements |
|
BAI02 |
Manage Requirements Definition |
|
BAI03 |
Manage Solutions Identification and Build |
|
BAI04 |
Manage Availability and Capacity |
|
BAI06 |
Manage Change |
2. Customer
– 07 Delivery of IT services in line with business requirements
a. Domain
EDM (Evaluate, Direct, Monitor) :
- Enabler
Goal: EDM01 Ensure Governance Framework Setting and Maintenance
- Penjelasan: Menganalisis
dan mengartikulasikan persyaratan untuk tata kelola TI perusahaan, dan
menempatkan dan memelihara struktur, prinsip, proses dan praktik, dengan
kejelasan tanggung jawab dan wewenang untuk mencapai misi, tujuan, dan
sasaran perusahaan.
- Enabler
Goal: EDM02 Ensure Benefits Delivery
- Penjelasan: berfokus
kepada proses mengoptimalkan kontribusi nilai bisnis dari proses bisnis,
layanan TI dan asset TI yang dihasilkan dari investasi yang dilakukan oleh
TI sesuai dengan biaya yang dapat diterima perusahaan..
- Enabler
Goal: EDM05 Ensure Stakeholder Transparency
- Penjelasan: berfokus
kepada proses memastikan kinerja perusahaan terkait IT dan kesesuaian
antara pengukuran dan pelaporan yang transparan dengan para pemangku
kepentingan untuk merumuskan tindakan perbaikan.
b. Domain
APO (Align, Plan, Organize) :
- Enabler
Goal: APO02 Manage Strategy
- Penjelasan: APO02
berkaitan dengan manajemen strategi. Dalam upaya pengelolaan organisasi
dan meningkatkan value perusahaan, stakeholder perlu menentukan strategi
seperti apa yang cocok diterapkan untuk perusahaan dalam jangka waktu
pendek maupun jangka panjang.
- Enabler
Goal: APO08 Manage Relationships
- Penjelasan: APO08
manajemen hubungan. Hubungan perusahaan baik secara internal maupun
eksternal dapat membantu meningkatkan kekuatan perusahaan. Perusahaan
dapat lebih solid dan juga kompak. Selain itu, perusahaan mampu melakukan
proyek-proyek besar dan meningkatkan kepercayaan dengan pihak eksternal
- Enabler
Goal: APO09 Manage Service Agreements
- Penjelasan: Sejajarkan
layanan dan tingkat layanan TI dengan kebutuhan dan harapan perusahaan,
termasuk identifikasi, spesifikasi, perancangan, penerbitan, kesepakatan,
dan pemantauan layanan TI, tingkat layanan dan indikator kinerja
- Enabler
Goal: APO10 Manage Suppliers
- Penjelasan: Mengelola
layanan terkait TI yang disediakan oleh semua jenis pemasok untuk memenuhi
persyaratan perusahaan, termasuk pemilihan pemasok, pengelolaan hubungan,
pengelolaan kontrak, peninjauan dan pemantauan kinerja pemasok untuk
efektivitas dan kepatuhan.
- Enabler
Goal: APO11 Manage Quality
- Penjelasan: Mendefinisikan
dan mengkomunikasikan persyaratan kualitas dalam semua proses, prosedur
dan hasil perusahaan terkait, termasuk pengendalian, pemantauan
berkelanjutan dan penggunaan praktik dan standar yang telah terbukti dalam
upaya perbaikan dan efisiensi terusmenerus.
c. Domain
BAI (Build, Acquire, Implement) :
- Enabler
Goal: BAI02 Manage Requirements Definition
- Penjelasan: Identifikasi
solusi dan analisis persyaratan sebelum akuisisi atau pembuatan untuk
memastikan bahwa mereka selaras dengan persyaratan strategis perusahaan
yang mencakup proses bisnis, aplikasi, informasi/data, infrastruktur, dan
layanan. Koordinasikan tinjauan opsi yang layak dengan pemangku
kepentingan yang terkena dampak, termasuk biaya dan manfaat relatif,
analisis risiko, dan persetujuan persyaratan dan solusi yang diusulkan.
- Enabler
Goal: BAI03 Solutions Identification and Build
- Penjelasan:
- Enabler
Goal: BAI04 Manage Availability and Capacity
- Penjelasan: enabler
goal BAI04 berkaitan dengan domain BAI yang berfokus pada perencanaan,
implementasi, pemantauan ketersediaan, da kapasista sistem layanan TI.
Dengan implementasi BAI04, organisasi dapat memastikan ketersediaan dan
kapasitas terkait kinerja TI untuk mencapai tujuan bisnis.
- Enabler
Goal: BAI06 Manage Change
- Penjelasan: BAI06
berkaitan dengan pengelolaan perubahan dalam lingkungan TI. Dalam domain
BAI, organisasi perlu memahami dan mengelola perubahan terkait sistem,
proses, dan infrastruktu TI dengan optimal untuk meminimalisir risiko dan
memperbesar keberhasilan transisi.
Enabler Goals |
||
Internal |
EDM |
09 IT agility |
EDM04 |
Ensure Resource Optimisation |
|
APO |
09 IT agility |
|
APO01 |
Manage the IT Management Framework |
|
APO03 |
Manage Enterprise Architecture |
|
APO04 |
Manage Innovation |
|
APO10 |
Manage Suppliers |
|
BAI |
09 IT agility |
|
BAI08 |
Manage Knowledge |
3. Internal
– 09 IT agility
a. Domain
EDM (Evaluate, Direct, Monitor) :
- Enabler
Goal: EDM04 Ensure Resource Optimisation
- Penjelasan: berfokus
pada pengelolaan sumber daya (karyawan, proses, dan teknologi) dan
kemampuan IT yang memadai sehingga mampu mendukung tujuan perusahaan
secara efektif dengan biaya yang optimal.
b. Domain
APO (Align, Plan, Organize) :
- Enabler
Goal: APO01 Manage the IT Management Framework
- Penjelasan: APO01
berkaitan dengan pengelolaan manajemen IT. Perusahaan perlu memperhatikan
SOP dalam pengelolaan IT. Hal itu termasuk pembuatan, pengembangan dan
maintenance.
- Enabler
Goal: APO03 Manage Enterprise Architecture
- Penjelasan: APO03
berfokus pada pengelolaan enterprise architecture. Perusahaan harus dapat
mengelola proses bisnis dan teknologi untuk mencapai target perusahaan.
Selain itu, perusahaan juga harus mengintegrasikan kedua hal tersebut..
- Enabler
Goal: APO04 Manage Innovation
- Penjelasan
: kombinasi
dari manajemen dari proses inovasi dan manajemen perubahan. Hal ini
mengacu pada produk, proses bisnis, dan inovasi organisasi.
- Enabler
Goal: APO10 Manage Suppliers
- Penjelasan: APO10
berkaitan dengan manajemen supplier, dimana dalam upaya pengelolaannya organisasi
perlu melakukan beberapa upaya yang berkaitan dengan manejemen supplier.
Diantaranya yaitu organisasi perlu melakukan seleksi supplier, evaluasi,
dan memantau kinerja supplier. Dengan menerapkan enabler goal APO10,
diharapkan mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia, serta
memastikan bahwa kebutuhan organisasi terpenuhi dengan baik.
c. Domain
BAI (Build, Acquire, Implement) :
- Enabler
Goal: BAI08 Manage Knowledge
- Penjelasan:
Enabler Goals |
||
Learning and Growth |
EDM |
17 Knowledge, expertise and initiatives for business innovation |
EDM02 |
Ensure Benefits Delivery |
|
APO |
17 Knowledge, expertise and initiatives for business innovation |
|
APO01 |
Manage the IT Management Framework |
|
APO02 |
Manage Strategy |
|
APO04 |
Manage Innovation |
|
APO07 |
Manage Human Resources |
|
APO08 |
Manage Relationships |
|
BAI |
17 Knowledge, expertise and initiatives for business innovation |
|
BAI05 |
Manage Organisational Change Enablement |
|
BAI08 |
Manage Knowledge |
4. Learning
and Growth – 17 expertise and initiatives for business innovation
a. Domain
EDM (Evaluate, Direct, Monitor) :
- Enabler
Goal: EDM02 Ensure Benefits Delivery
- Penjelasan: Mengoptimalkan
kontribusi nilai terhadap bisnis dari proses bisnis, layanan TI dan aset
TI yang dihasilkan dari investasi yang dilakukan oleh TI di biaya yang
dapat diterima.
b. Domain
APO (Align, Plan, Organize) :
- Enabler
Goal: APO01 Manage the IT Management Framework
- Penjelasan: APO01
berkaitan dengan pengelolaan manajemen IT. Perusahaan perlu memperhatikan
SOP dalam pengelolaan IT. Hal itu termasuk pembuatan, pengembangan dan
maintenance.
- Enabler
Goal: APO02 Manage Strategy
- Penjelasan: APO02
berkaitan dengan manajemen strategi. Dalam upaya pengelolaan organisasi
dan meningkatkan value perusahaan, stakeholder perlu menentukan strategi
seperti apa yang cocok diterapkan untuk perusahaan dalam jangka waktu
pendek maupun jangka panjang.
- Enabler
Goal: APO04 Manage Innovation
- Penjelasan
: kombinasi
dari manajemen dari proses inovasi dan manajemen perubahan. Hal ini
mengacu pada produk, proses bisnis, dan inovasi organisasi.
- Enabler
Goal: APO07 Manage Human Resources
- Penjelasan: APO07
pengelolaan sumber daya manusia. Perusahaan harus dapat memberdayakan dan
memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya. Pelatihan, sertifikasi dan
penempatan sesuai dengan jobdesknya merupakan beberapa opsi pemberdayaann
sumber daya manusia.
- Enabler
Goal: APO08 Manage Relationships
- Penjelasan: APO08
manajemen hubungan. Hubungan perusahaan baik secara internal maupun
eksternal dapat membantu meningkatkan kekuatan perusahaan. Perusahaan
dapat lebih solid dan juga kompak. Selain itu, perusahaan mampu melakukan
proyek-proyek besar dan meningkatkan kepercayaan dengan pihak eksternal.
c. Domain
BAI (Build, Acquire, Implement) :
- Enabler
Goal: BAI05 Manage Organisational Change Enablement
- Penjelasan
: Tujuannya
adalah mempersiapkan dan mengelola sumber daya untuk perubahan organisasi
dan mengurangi risiko kegagalan.
- Enabler
Goal: BAI08 Manage Knowledge
- Penjelasan : Strategi
yang digunakan untuk menjaga, menganalisis, mengorganisir, meningkatkan,
dan berbagi pemahaman dan pengalaman. Pemahaman dan pengalaman tersebut
dapat berasal dari individu atau terintegrasi dalam proses dan aplikasi
dalam suatu organisasi.
Komentar
Posting Komentar