Tugas Kelompok 5.1: Menurunkan Enterprise Goals menjadi Enabler Goals

Selamat datang kembali di blog! Pada kesempatan ini saya membahas tentang bagaimana penerapan COBIT 5, sebagai sebuah kerangkan kerja yang inovatid dan masih relevan dalam dunia manajemen teknologi informasi (TI). Disini kita akan menjelajahi bagaimana COBIT 5 dapat menjadi panduan yang kuat bagi organisasi dalam mencapai tujuan bisnisnya.

Studi kasus yang akan dibahas adalah mengenai sebuah perusahaan yang telah menetapkan tujuan bisnisnya yang ambisius, dengan meningkatkan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama mereka. Menyadari bahwa TI memiliki peran perintah dalam mencapai tujuan ini, perusahaan tersebut berusaha untuk memahami bagaimana meningkatkan aspek-aspek yang berkaitan dengan TI agar sesuai dengan tujuan bisnis.

Dalam upaya ini, memutuskan untuk mengadopsi COBIT 5 sebagai framework yang telah banyak membantu organisasi mengelola dan mengendalikan TI dengan efektif dan efisien. Salah satu langkah awal dalam penerapan COBIT 5 adalah dengan menurunkan tujuan bisnis perusahaan meliputi :

1.      6. Customer-Oriented Service Culture

2.      7. Business Service Continuity and availability,

3.      8. Agile Responses To a Changing Business Environment.

Untuk mengerjakan tugas ini, dengan panduan proses menurunkan tujuan bisnis perusahaan menjadi Enabler Goals relevan menggunakan COBIT 5 Goals Cascade Overwiew. Dapat menjelaskan bagaimana mengidentifikasi tujuan COBIT 5 yang paling sesaui dengan tujuan perusahaan, dan kemudian menjabarkannya menjadi Enabler Goals yang spesifik. Berikut COBIT 5 Goals Cascade Overview :

Gambar 1. Goal Cascade Overview
Berdasarkan panduan gambar 1, perusahaan sudah menentukan enterprise goal mereka, yang mana enterprise goals tersebut dapat dilihat pada figure 5 pada buku panduan COBIT 5 sebagai berikut :


Berdasarkan tabel pada gambar 5 perusahaan berfokus pada peningkatan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama sehingga BSC Dimension yang dipilih ada bagian Customer dengan Enterprise Goals yang ditentukan adalah Customer-Oriented Service Culture, Business Service Continuity and Availability, dan Agile Responses To a Changing Business Environment.

Kemudian berdasarkan gambar 5, selanjutnya mencari IT-Releted Goals yang dapat dilihat pada Appendix B, sebagai berikut :

Pada mapping tersebut terdapat ‘P dan S’ yang menyatakan jika inisial ‘P’ adalah primer yang artinya harus diambil sedangkan ‘S’ adalah sekunder artinya tidak harus diambil.

Kemudian kembali ke panduan gambar 1, setelah menentukan IT-Releted Goals selanjutnya adalah menurunkan IT-Releted Goals ke Enabler Goals. Untuk menentukan Enabler Goals dapat dilihat pada Appendix C, sebagai berikut :

A close-up of a document

Description automatically generated with low confidence

Pertanyaan

1.      Turunkan Hingga Enabler Goals

2.      Jelaskan Enabler Goals Yang Berkaitan Dengan EDM, APO, dan BAI

Enterprise Goals

6

Customer-oriented service culture

7

Business service continuity and availability

8

Agile responses to a changing business environment

(6) Customer-Oriented Service Culture

Figure 6. IT Related Goals

6. Customer-oriented service culture

Financial

01

Alignment of IT and business strategy

Customer

07

Delivery of IT services in line with business requirements

 

Enabler Goals

Financial

EDM

01 Alignment of IT and business strategy

EDM01

Ensure Governance Framework Setting and Maintenance

EDM02

Ensure Benefits Delivery

APO

01 Alignment of IT and business strategy

APO01

Manage the IT Management Framework

APO02

Manage Strategy

APO03

Manage Enterprise Architecture

APO05

Manage Portfolio

APO07

Manage Human Resources

APO08

Manage Relationships

BAI

01 Alignment of IT and business strategy

BAI01

Manage Programmes and Projects

BAI02

Manage Requirements Definition

Setelah menurunkan enterprise goals menjadi enabler goals. Selanjutnya menjelaskan bagaimana keterkaitan enabler goals dengan domain EDM, APO, dan BAI. Dengan penjelasannya sebagai berikut :

1.      Financial – 01 Alignment of IT and business strategy

a. Domain EDM (Evaluate, Direct, Monitor) :

  • Enabler Goal: EDM01 Ensure Governance Framework Setting and Maintenance
  • Penjelasan: Enabler EDM01 memiliki fokus dalam mengatur kerangka tata kelola dan pemeliharaan. Dalam domain ini, perusahaan harus mengatur tata kelola dan melakukan pemeliharaan tata kelola yang dijalankan.
  • Enabler Goal: EDM02 Ensure Benefits Delivery
  • Penjelasan: Domain ini perusahaan memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa manfaat dari menerapkan tata kelola yang baik itu dapat tersampaikan atau dengan kata lain penerapannya tidak sia-sia

bDomain APO (Align, Plan, Organize):

  • Enabler Goal: APO01 Manage the IT Management Framework
  • Penjelasan: APO01 berkaitan dengan pengelolaan manajemen IT. Perusahaan perlu memperhatikan SOP dalam pengelolaan IT. Hal itu termasuk pembuatan, pengembangan dan maintenance.
  • Enabler Goal: APO02 Manage Strategy
  • Penjelasan: APO02 berkaitan dengan manajemen strategi. Dalam upaya pengelolaan organisasi dan meningkatkan value perusahaan, stakeholder perlu menentukan strategi seperti apa yang cocok diterapkan untuk perusahaan dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang.
  • Enabler Goal: APO03 Manage Enterprise Architecture
  • Penjelasan: APO03 berfokus pada pengelolaan enterprise architecture. Perusahaan harus dapat mengelola proses bisnis dan teknologi untuk mencapai target perusahaan. Selain itu, perusahaan juga harus mengintegrasikan kedua hal tersebut
  • Enabler Goal: APO05 Manage Portfolio
  • Penjelasan: APO05 berkaitan dengan branding perusahaan. Setiap pencapaian perusahaan dapat menjadi portofolio yang mampu meningkatkan value perusahaan menjadi lebih baik. Ini juga merupakan suatu strategi bisnis yang baik.
  • Enabler Goal: APO07 Manage Human Resources
  • Penjelasan: APO07 pengelolaan sumber daya manusia. Perusahaan harus dapat memberdayakan dan memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya. Pelatihan, sertifikasi dan penempatan sesuai dengan jobdesknya merupakan beberapa opsi pemberdayaann sumber daya manusia.
  • Enabler Goal: APO08 Manage Relationships
  • Penjelasan: APO08 manajemen hubungan. Hubungan perusahaan baik secara internal maupun eksternal dapat membantu meningkatkan kekuatan perusahaan. Perusahaan dapat lebih solid dan juga kompak. Selain itu, perusahaan mampu melakukan proyek-proyek besar dan meningkatkan kepercayaan dengan pihak eksternal.

cDomain BAI (Build, Acquire, Implement) :

  • Enabler Goal: BAI01 Manage Programmes and Projects
  • Penjelasan: Pada domain BAI berfokus pada pengelolaan program dan proyek TI. Dalam domain BAI, organisasi harus melakukan pengelolaaan program dan proyek TI organisasi dengan baik, hal ini berkaitan dengan proses perencanaa, pengorganisasian, dan implementasi TI yang efektif untuk memastikan keberhasilan pengembangan dan implementasi TI.
  • Enabler Goal: BAI02 Manage Requirements Definition
  • Penjelasan: Identifikasi solusi dan analisis persyaratan sebelum akuisisi atau pembuatan untuk memastikan bahwa mereka selaras dengan persyaratan strategis perusahaan yang mencakup proses bisnis, aplikasi, informasi/data, infrastruktur, dan layanan. Koordinasikan tinjauan opsi yang layak dengan pemangku kepentingan yang terkena dampak, termasuk biaya dan manfaat relatif, analisis risiko, dan persetujuan persyaratan dan solusi yang diusulkan.

Enabler Goals

Customer

EDM

07 Delivery of IT services in line with business requirements

EDM01

Ensure Governance Framework Setting and Maintenance

EDM02

Ensure Benefits Delivery

EDM05

Ensure Stakeholder Transparency

APO

07 Delivery of IT services in line with business requirements

APO02

Manage Strategy

APO08

Manage Relationships

APO09

Manage Service Agreements

APO10

Manage Suppliers

APO11

Manage Quality

BAI

07 Delivery of IT services in line with business requirements

BAI02

Manage Requirements Definition

BAI03

Manage Solutions Identification and Build

BAI04

Manage Availability and Capacity

BAI06

Manage Change

Setelah menurunkan enterprise goals menjadi enabler goals. Selanjutnya menjelaskan bagaimana keterkaitan enabler goals dengan domain EDM, APO, dan BAI. Dengan penjelasannya sebagai berikut :

2. Customer – 07 Delivery of IT services in line with business requirements

a. Domain EDM (Evaluate, Direct, Monitor) :

  • Enabler Goal: EDM01 Ensure Governance Framework Setting and Maintenance
  • Penjelasan: Enabler EDM01 memiliki fokus dalam mengatur kerangka tata kelola dan pemeliharaan. Dalam domain ini, perusahaan harus mengatur tata kelola dan melakukan pemeliharaan tata kelola yang dijalankan.
  • Enabler Goal: EDM02 Ensure Benefits Delivery
  • Penjelasan: Domain ini perusahaan memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa manfaat dari menerapkan tata kelola yang baik itu dapat tersampaikan atau dengan kata lain penerapannya tidak sia-sia.
  • Enabler Goal: EDM05 Ensure Stakeholder Transparency
  • Penjelasan: berfokus kepada proses memastikan kinerja perusahaan terkait IT dan kesesuaian antara pengukuran dan pelaporan yang transparan dengan para pemangku kepentingan untuk merumuskan tindakan perbaikan.

bDomain APO (Align, Plan, Organize) :

  • Enabler Goal: APO02 Manage Strategy
  • Penjelasan: APO02 berkaitan dengan manajemen strategi. Dalam upaya pengelolaan organisasi dan meningkatkan value perusahaan, stakeholder perlu menentukan strategi seperti apa yang cocok diterapkan untuk perusahaan dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang.
  • Enabler Goal: APO08 Manage Relationships
  • Penjelasan: APO08 manajemen hubungan. Hubungan perusahaan baik secara internal maupun eksternal dapat membantu meningkatkan kekuatan perusahaan. Perusahaan dapat lebih solid dan juga kompak. Selain itu, perusahaan mampu melakukan proyek-proyek besar dan meningkatkan kepercayaan dengan pihak eksternal.
  • Enabler Goal: APO09 Manage Service Agreements
  • Penjelasan: enabler goal berkaitan dengan pengelolaan perjanjian layanan terkait TI. Dalam domain APO, organisasi perlu memiliki mekanisme yang efektif untuk mengatur, melaksanakna, dan memantau perjanjian layanan dengan pihak internal maupun eksternal. Keterkaitan enabler goal APO09 dengan domain APO yaitu pada perencanaan dan penyusunan perjanjian layanan, implementasi dan pelaksanaan perjajian layanan, serta pemantauan dan evaluasi layanan. Dengan mengimplementasikan enabler goal APO09, organisasi dapat memastikan bahwa perjanjian layanan terkait TI, dapat dikelola dengan baik, serta akan membentuk keselarasan antara kebutuhan bisnis dan layanan TI yang disediakan, meningkatkan transparasi, dan akuntabilitas pengaturan layanan TI.
  • Enabler Goal: APO10 Manage Suppliers
  • Penjelasan: APO10 berkaitan dengan manajemen supplier, dimana dalam upaya pengelolaannya organisasi perlu melakukan beberapa upaya yang berkaitan dengan manejemen supplier. Diantaranya yaitu organisasi perlu melakukan seleksi supplier, evaluasi, dan memantau kinerja supplier. Dengan menerapkan enabler goal APO10, diharapkan mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia, serta memastikan bahwa kebutuhan organisasi terpenuhi dengan baik.
  • Enabler Goal: APO11 Manage Quality
  • Penjelasan: Mendefinisikan dan mengkomunikasikan persyaratan kualitas dalam semua proses, prosedur dan hasil perusahaan terkait, termasuk pengendalian, pemantauan berkelanjutan dan penggunaan praktik dan standar yang telah terbukti dalam upaya perbaikan dan efisiensi terus menerus.

cDomain BAI (Build, Acquire, Implement) :

  • Enabler Goal: BAI02 Manage Requirements Definition
  • Penjelasan: Identifikasi solusi dan analisis persyaratan sebelum akuisisi atau pembuatan untuk memastikan bahwa mereka selaras dengan persyaratan strategis perusahaan yang mencakup proses bisnis, aplikasi, informasi/data, infrastruktur, dan layanan. Koordinasikan tinjauan opsi yang layak dengan pemangku kepentingan yang terkena dampak, termasuk biaya dan manfaat relatif, analisis risiko, dan persetujuan persyaratan dan solusi yang diusulkan.
  • Enabler Goal: BAI03 Solutions Identification and Build
  • Penjelasan : berfokus kepada pengaturan waktu dan biaya yang efektif juga identifikasi solusi dan perencanaan pelaksanaannya dalam membantu perusahaan mencapai tujuan.
  • strategisnya.
  • Enabler Goal: BAI04 Manage Availability and Capacity
  • Penjelasan: enabler goal BAI04 berkaitan dengan domain BAI yang berfokus pada perencanaan, implementasi, pemantauan ketersediaan, da kapasista sistem layanan TI. Dengan implementasi BAI04, organisasi dapat memastikan ketersediaan dan kapasitas terkait kinerja TI untuk mencapai tujuan bisnis.
  • Enabler Goal: BAI06 Manage Change
  • Penjelasan: BAI06 berkaitan dengan pengelolaan perubahan dalam lingkungan TI. Dalam domain BAI, organisasi perlu memahami dan mengelola perubahan terkait sistem, proses, dan infrastruktu TI dengan optimal untuk meminimalisir risiko dan memperbesar keberhasilan transisi.

(7) Business Service Continuity and Availability

Figure 6. IT Related Goals

7. Business service continuity and availability

Financial

04

Managed IT-related business risk

Internal

10

Security of information, processing infrastructure and applications

Internal

14

Availability of reliable and useful information for decision making

 

Enabler Goals

Financial

EDM

04 Managed IT-related business risk

EDM03

Ensure Risk Optimisation

APO

04 Managed IT-related business risk

APO10

Manage Suppliers

APO12

Manage Risk

APO13

Manage Security

BAI

04 Managed IT-related business risk

BAI01

Manage Programmes and Projects

BAI06

Manage Changes

 

Enabler Goals

Internal

EDM

10 Security of information, processing infrastructure and applications

EDM03

Ensure Risk Optimisation

APO

10 Security of information, processing infrastructure and applications

APO12

Manage Risk

APO13

Manage Security

BAI

10 Security of information, processing infrastructure and applications

BAI06

Manage Changes

 

Enabler Goals

Internal

APO

14 Managed IT-related business risk

APO09

Manage Service Agreements

APO13

Manage Security

BAI

14 Managed IT-related business risk

BAI04

Manage Availability and Capacity

BAI10

Manage Configuration

Setelah menurunkan enterprise goals menjadi enabler goals. Selanjutnya menjelaskan bagaimana keterkaitan enabler goals dengan domain EDM, APO, dan BAI. Dengan penjelasannya sebagai berikut :

1.      04 Managed IT-related business risk

a. Domain EDM (Evaluate, Direct, Monitor) :

  • Enabler Goal: EDM03 Ensure Risk Optimisation
  • Penjelasan: Enabler goals EDM03 memiliki fokus pada evaluasi, pengawasan, dan pengoptimalan risiko IT. Dalam domain ini, organisasi perlu melakukan evaluasi risiko IT didalam organisasi secara teratur, untuk mengelola risiko, dan melakukan monitoring.

b. Domain APO (Align, Plan, Organize) :

  • Enabler Goal: APO10 Manage Suppliers
  • Penjelasan: APO10 berkaitan dengan manajemen supplier, dimana dalam upaya pengelolaannya organisasi perlu melakukan beberapa upaya yang berkaitan dengan manejemen supplier. Diantaranya yaitu organisasi perlu melakukan seleksi supplier, evaluasi, dan memantau kinerja supplier. Dengan menerapkan enabler goal APO10, diharapkan mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia, serta memastikan bahwa kebutuhan organisasi terpenuhi dengan baik.
  • Enabler Goal: APO12 Manage Risk
  • Penjelasan: Enabler goal APO12 terhadap domain APO kaitannya, yaitu organisasi perlu secara aktif melakukan identifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko yang berkaitan dengan layanan, sistem, dan infrastruktur TI. Dengan mengimplementasikan enabler goal APO12, diharapkan organisasi dapat meminimalkan dampak negatif dari risiko, melindungi aset TI, dan memastikan keberlangsungan operasional perusahaan.
  • Enabler Goal: APO13 Manage Security
  • Penjelasan: enabler APO13 berfokus pada pengelolaan keamanan TI. Dalam domain APO, organisasi perlu melakukan perencanaan, implementasi, dan melakukan pengawasn terkait keamanan TI organisasi meliput perlindungan data, identifikasi ancaman security, dan memantau keamanan TI organisasi.

c. Domain BAI (Build, Acquire, Implement) :

  • Enabler Goal: BAI01 Manage Programmes and Projects
  • Penjelasan: enabler goal BAI01 pada domain BAI berfokus pada pengelolaan program dan proyek TI. Dalam domain BAI, organisasi harus melakukan pengelolaaan program dan proyek TI organisasi dengan baik, hal ini berkaitan dengan proses perencanaa, pengorganisasian, dan implementasi TI yang efektif untuk memastikan keberhasilan pengembangan dan implementasi TI.
  • Enabler Goal: BAI06 Manage Changes
  • Penjelasan: BAI06 berkaitan dengan pengelolaan perubahan dalam lingkungan TI. Dalam domain BAI, organisasi perlu memahami dan mengelola perubahan terkait sistem, proses, dan infrastruktur TI dengan optimal untuk meminimalisir risiko dan memperbesar keberhasilan transisi.

2. Internal – 10 Security of information processing infrastructure and applications

aDomain EDM (Evaluate, Direct, Monitor) :

  • Enabler goal: EDM03 Ensure Risk Optimisation
  • Penjelasan: EDM03 memiliki peran penting. Dengan mengimplementasikan pengoptimalan risiko yang efektif, dapat mengidentifikasi, mengukur, dan mengelola risiko yang berkaitan dengan infrasturktur dan implementasi pengolahan informasi. Hal ini mencakup evaluasi keamanan, mitigasi risiko, pemantauan aktivitas keamanan, dan implementasi kontrol yang tepat.

bDomain APO (Align, Plan, Organize) :

  • Enabler goal: APO12 Manage Risk
  • Penjelasan: APO12 dalam konteks IT-Releted goal ‘Security of information processing infrastructure and applications’ membantu untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko terkati infrastruktur dan implementasi TI yang dapat mempengaruhi keamanan informasi.
  • Enabler goal: APO13 Manage Security
  • Penjelasan: enabler goal APO13 berfokus pada langkah-langkah untuk mengelola keamanan TI, seperti melindungi data, mengidentifikasi ancaman, dan memantau keamanan yang relevan untuk memastikan keamanan infrastruktur dan aplikasi pengolahan informasi.

cDomain BAI (Build, Acquire, Implement) :

  • Enabler goal: BAI06 Manage Changes
  • Penjelasan: BAI06 berfokus pada pengelolaan perubahan yang terjadi dalam lingkungan TI. Domain BAI, organisasi perlu untuk memahami dan mengeloal perubahan yang terkait dengan sistem, proses, dan infrastruktur TI. Keterkaitan tersebut dapat dijelaskan dengan melakukan indentifikasi dan penilaian perubahan, melakukan perencanaan, dan mengkoordinasikan terkait perubahan yang ada dengan pemangku kepentingan. Dengan implementasi enabler goal BAI06, diharapkan organisasi mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam mengelola perubahan TI yang ada didalam perusahaan.

3. Internal – 14 Availability of reliable and useful information for decision making

aDomain APO (Align, Plan, Organize)

  • Enabler Goal: APO09 Manage Service Agreements
  • Penjelasan: enabler goal berkaitan dengan pengelolaan perjanjian layanan terkait TI. Dalam domain APO, organisasi perlu memiliki mekanisme yang efektif untuk mengatur, melaksanakna, dan memantau perjanjian layanan dengan pihak internal maupun eksternal. Keterkaitan enabler goal APO09 dengan domain APO yaitu pada perencanaan dan penyusunan perjanjian layanan, implementasi dan pelaksanaan perjajian layanan, serta pemantauan dan evaluasi layanan. Dengan mengimplementasikan enabler goal APO09, organisasi dapat memastikan bahwa perjanjian layanan terkait TI, dapat dikelola dengan baik, serta akan membentuk keselarasan antara kebutuhan bisnis dan layanan TI yang disediakan, meningkatkan transparasi, dan akuntabilitas pengaturan layanan TI.
  • Enabler Goal: APO13 Manage Security
  • Penjelasan:   Keterkaitan APO13 dengan domain APO yaitu APO13 dapat membantu organisasi untuk melakukan penilaian risiko keaman TI secara sistematis, memberikan panduan kepada organisasi untuk merencanakan dan menerapkan langkah-langkah keamanan yang sesuai dengan risiko yang teridentifikasi, serta melibatkan pemantauan berkelanjutan terhadap keamanan TI dan penanganan insiden keamanan yang terjadi. Dengan implementasi ini, organisasi dapat meningkatkan keamanan TI, melindungi informasi berharga, serta mengurangi risiko yang mungkin terjadi.

bDomain BAI (Build, Acquire, Implement) :

  • Enabler Goal: BAI04 Manage Availability and Capacity
  • Penjelasan: enabler goal BAI04 berkaitan dengan domain BAI yang berfokus pada perencanaan, implementasi, pemantauan ketersediaan, da kapasista sistem layanan TI. Dengan implementasi BAI04, organisasi dapat memastikan ketersediaan dan kapasitas terkait kinerja TI untuk mencapai tujuan bisnis.
  • Enabler goal: BAI10 Manage Configuration
  • Penjelasan: kaitan antara BAI10 dengan domain BAI adalah enabler goal tersebut melibatkan konfigurasi TI dalam organisasi, melakukan kontrol perubahan dan versi lingkungan TI, serta audit konfigurasi terhadap keadaan lingkungan TI. Implementasi BAI10 dalam domain BAI ini dapat membantu organisasi dalam mengelola konfigurasi TI dengan baik, memastikan keandalan dan kesesuaian komponen TI, serta meningkatkan kontrol terhadap perubahan dan pemahaman tentang komponen TI yang digunakan.

(8) Agile Responses To A Changing Business Environment

Figure 6. IT Related Goals

8. Agile responses to a changing business environment

Financial

01

Alignment of IT and business strategy

Customer

07

Delivery of IT services in line with business requirements

Internal

09

IT agility

Learning and Growth

17

Knowledge, expertise and initiatives for business innovation

 

Enabler Goals

Financial

EDM

01 Alignment of IT and business strategy

EDM01

Ensure Governance Framework Setting and Maintenance

EDM02

Ensure Benefits Delivery

APO

01 Alignment of IT and business strategy

APO01

Manage the IT Management Framework

APO02

Manage Strategy

APO03

Manage Enterprise Architecture

APO05

Manage Portfolio

APO07

Manage Human Resources

APO08

Manage Relationships

BAI

01 Alignment of IT and business strategy

BAI01

Manage Programmes and Projects

BAI02

Manage Requirements Definition

Setelah menurunkan enterprise goals menjadi enabler goals. Selanjutnya menjelaskan bagaimana keterkaitan enabler goals dengan domain EDM, APO, dan BAI. Dengan penjelasannya sebagai berikut :

1.      Financial – 01 Alignment of IT and business strategy

aDomain EDM (Evaluate, Direct, Monitor) :

  • Enabler Goal: EDM01 Ensure Governance Framework Setting and Maintenance
  • Penjelasan: Menganalisis dan mengartikulasikan persyaratan untuk tata kelola TI perusahaan, dan menempatkan dan memelihara struktur, prinsip, proses dan praktik, dengan kejelasan tanggung jawab dan wewenang untuk mencapai misi, tujuan, dan sasaran perusahaan.
  • Enabler Goal: EDM02 Ensure Benefits Delivery
  • Penjelasan: Mengoptimalkan kontribusi nilai terhadap bisnis dari proses bisnis, layanan TI dan aset TI yang dihasilkan dari investasi yang dilakukan oleh TI di biaya yang dapat diterima.

bDomain APO (Align, Plan, Organize) :

  • Enabler Goal: APO01 Manage the IT Management Framework
  • Penjelasan: APO01 berkaitan dengan pengelolaan manajemen IT. Perusahaan perlu memperhatikan SOP dalam pengelolaan IT. Hal itu termasuk pembuatan, pengembangan dan maintenance.
  • Enabler Goal: APO02 Manage Strategy
  • Penjelasan: APO02 berkaitan dengan manajemen strategi. Dalam upaya pengelolaan organisasi dan meningkatkan value perusahaan, stakeholder perlu menentukan strategi seperti apa yang cocok diterapkan untuk perusahaan dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang.
  • Enabler Goal: APO03 Manage Enterprise Architecture
  • Penjelasan: APO03 berfokus pada pengelolaan enterprise architecture. Perusahaan harus dapat mengelola proses bisnis dan teknologi untuk mencapai target perusahaan. Selain itu, perusahaan juga harus mengintegrasikan kedua hal tersebut..
  • Enabler Goal: APO05 Manage Portfolio
  • Penjelasan:APO05 berkaitan dengan branding perusahaan. Setiap pencapaian perusahaan dapat menjadi portofolio yang mampu meningkatkan value perusahaan menjadi lebih baik. Ini juga merupakan suatu strategi bisnis yang baik
  • Enabler Goal: APO07 Manage Human Resources
  • Penjelasan: APO07 pengelolaan sumber daya manusia. Perusahaan harus dapat memberdayakan dan memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya. Pelatihan, sertifikasi dan penempatan sesuai dengan jobdesknya merupakan beberapa opsi pemberdayaann sumber daya manusia.
  • Enabler Goal: APO08 Manage Relationships
  • Penjelasan: APO08 manajemen hubungan. Hubungan perusahaan baik secara internal maupun eksternal dapat membantu meningkatkan kekuatan perusahaan. Perusahaan dapat lebih solid dan juga kompak. Selain itu, perusahaan mampu melakukan proyek-proyek besar dan meningkatkan kepercayaan dengan pihak eksternal.

cDomain BAI (Build, Acquire, Implement) :

  • Enabler Goal: BAI01 Manage Programmes and Projects
  • Penjelasan: Pada domain BAI berfokus pada pengelolaan program dan proyek TI. Dalam domain BAI, organisasi harus melakukan pengelolaaan program dan proyek TI organisasi dengan baik, hal ini berkaitan dengan proses perencanaa, pengorganisasian, dan implementasi TI yang efektif untuk memastikan keberhasilan pengembangan dan implementasi TI.
  • Enabler Goal: BAI02 Manage Requirements Definition
  • Penjelasan: Identifikasi solusi dan analisis persyaratan sebelum akuisisi atau pembuatan untuk memastikan bahwa mereka selaras dengan persyaratan strategis perusahaan yang mencakup proses bisnis, aplikasi, informasi/data, infrastruktur, dan layanan. Koordinasikan tinjauan opsi yang layak dengan pemangku kepentingan yang terkena dampak, termasuk biaya dan manfaat relatif, analisis risiko, dan persetujuan persyaratan dan solusi yang diusulkan.

Enabler Goals

Customer

EDM

07 Delivery of IT services in line with business requirements

EDM01

Ensure Governance Framework Setting and Maintenance

EDM02

Ensure Benefits Delivery

EDM05

Ensure Stakeholder Transparency

APO

07 Delivery of IT services in line with business requirements

APO02

Manage Strategy

APO08

Manage Relationships

APO09

Manage Service Agreements

APO10

Manage Suppliers

APO11

Manage Quality

BAI

07 Delivery of IT services in line with business requirements

BAI02

Manage Requirements Definition

BAI03

Manage Solutions Identification and Build

BAI04

Manage Availability and Capacity

BAI06

Manage Change

2. Customer – 07 Delivery of IT services in line with business requirements

aDomain EDM (Evaluate, Direct, Monitor) :

  • Enabler Goal: EDM01 Ensure Governance Framework Setting and Maintenance
  • Penjelasan: Menganalisis dan mengartikulasikan persyaratan untuk tata kelola TI perusahaan, dan menempatkan dan memelihara struktur, prinsip, proses dan praktik, dengan kejelasan tanggung jawab dan wewenang untuk mencapai misi, tujuan, dan sasaran perusahaan.
  • Enabler Goal: EDM02 Ensure Benefits Delivery
  • Penjelasan: berfokus kepada proses mengoptimalkan kontribusi nilai bisnis dari proses bisnis, layanan TI dan asset TI yang dihasilkan dari investasi yang dilakukan oleh TI sesuai dengan biaya yang dapat diterima perusahaan..
  • Enabler Goal: EDM05 Ensure Stakeholder Transparency
  • Penjelasan: berfokus kepada proses memastikan kinerja perusahaan terkait IT dan kesesuaian antara pengukuran dan pelaporan yang transparan dengan para pemangku kepentingan untuk merumuskan tindakan perbaikan.

bDomain APO (Align, Plan, Organize) :

  • Enabler Goal: APO02 Manage Strategy
  • Penjelasan: APO02 berkaitan dengan manajemen strategi. Dalam upaya pengelolaan organisasi dan meningkatkan value perusahaan, stakeholder perlu menentukan strategi seperti apa yang cocok diterapkan untuk perusahaan dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang.
  • Enabler Goal: APO08 Manage Relationships
  • Penjelasan: APO08 manajemen hubungan. Hubungan perusahaan baik secara internal maupun eksternal dapat membantu meningkatkan kekuatan perusahaan. Perusahaan dapat lebih solid dan juga kompak. Selain itu, perusahaan mampu melakukan proyek-proyek besar dan meningkatkan kepercayaan dengan pihak eksternal
  • Enabler Goal: APO09 Manage Service Agreements
  • Penjelasan: Sejajarkan layanan dan tingkat layanan TI dengan kebutuhan dan harapan perusahaan, termasuk identifikasi, spesifikasi, perancangan, penerbitan, kesepakatan, dan pemantauan layanan TI, tingkat layanan dan indikator kinerja
  • Enabler Goal: APO10 Manage Suppliers
  • Penjelasan: Mengelola layanan terkait TI yang disediakan oleh semua jenis pemasok untuk memenuhi persyaratan perusahaan, termasuk pemilihan pemasok, pengelolaan hubungan, pengelolaan kontrak, peninjauan dan pemantauan kinerja pemasok untuk efektivitas dan kepatuhan.
  • Enabler Goal: APO11 Manage Quality
  • Penjelasan: Mendefinisikan dan mengkomunikasikan persyaratan kualitas dalam semua proses, prosedur dan hasil perusahaan terkait, termasuk pengendalian, pemantauan berkelanjutan dan penggunaan praktik dan standar yang telah terbukti dalam upaya perbaikan dan efisiensi terusmenerus.

cDomain BAI (Build, Acquire, Implement) :

  • Enabler Goal: BAI02 Manage Requirements Definition
  • Penjelasan: Identifikasi solusi dan analisis persyaratan sebelum akuisisi atau pembuatan untuk memastikan bahwa mereka selaras dengan persyaratan strategis perusahaan yang mencakup proses bisnis, aplikasi, informasi/data, infrastruktur, dan layanan. Koordinasikan tinjauan opsi yang layak dengan pemangku kepentingan yang terkena dampak, termasuk biaya dan manfaat relatif, analisis risiko, dan persetujuan persyaratan dan solusi yang diusulkan.
  • Enabler Goal: BAI03 Solutions Identification and Build
  • Penjelasan:
  • Enabler Goal: BAI04 Manage Availability and Capacity
  • Penjelasan: enabler goal BAI04 berkaitan dengan domain BAI yang berfokus pada perencanaan, implementasi, pemantauan ketersediaan, da kapasista sistem layanan TI. Dengan implementasi BAI04, organisasi dapat memastikan ketersediaan dan kapasitas terkait kinerja TI untuk mencapai tujuan bisnis.
  • Enabler Goal: BAI06 Manage Change
  • Penjelasan: BAI06 berkaitan dengan pengelolaan perubahan dalam lingkungan TI. Dalam domain BAI, organisasi perlu memahami dan mengelola perubahan terkait sistem, proses, dan infrastruktu TI dengan optimal untuk meminimalisir risiko dan memperbesar keberhasilan transisi.

Enabler Goals

Internal

EDM

09 IT agility

EDM04

Ensure Resource Optimisation

APO

09 IT agility

APO01

Manage the IT Management Framework

APO03

Manage Enterprise Architecture

APO04

Manage Innovation

APO10

Manage Suppliers

BAI

09 IT agility

BAI08

Manage Knowledge

3. Internal – 09 IT agility

aDomain EDM (Evaluate, Direct, Monitor) :

  • Enabler Goal: EDM04 Ensure Resource Optimisation
  • Penjelasan: berfokus pada pengelolaan sumber daya (karyawan, proses, dan teknologi) dan kemampuan IT yang memadai sehingga mampu mendukung tujuan perusahaan secara efektif dengan biaya yang optimal.

bDomain APO (Align, Plan, Organize) :

  • Enabler Goal: APO01 Manage the IT Management Framework
  • Penjelasan: APO01 berkaitan dengan pengelolaan manajemen IT. Perusahaan perlu memperhatikan SOP dalam pengelolaan IT. Hal itu termasuk pembuatan, pengembangan dan maintenance.
  • Enabler Goal: APO03 Manage Enterprise Architecture
  • Penjelasan:  APO03 berfokus pada pengelolaan enterprise architecture. Perusahaan harus dapat mengelola proses bisnis dan teknologi untuk mencapai target perusahaan. Selain itu, perusahaan juga harus mengintegrasikan kedua hal tersebut..
  • Enabler Goal: APO04 Manage Innovation
  • Penjelasan : kombinasi dari manajemen dari proses inovasi dan manajemen perubahan. Hal ini mengacu pada produk, proses bisnis, dan inovasi organisasi.
  • Enabler Goal: APO10 Manage Suppliers
  • Penjelasan: APO10 berkaitan dengan manajemen supplier, dimana dalam upaya pengelolaannya organisasi perlu melakukan beberapa upaya yang berkaitan dengan manejemen supplier. Diantaranya yaitu organisasi perlu melakukan seleksi supplier, evaluasi, dan memantau kinerja supplier. Dengan menerapkan enabler goal APO10, diharapkan mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia, serta memastikan bahwa kebutuhan organisasi terpenuhi dengan baik.

cDomain BAI (Build, Acquire, Implement) :

  • Enabler Goal: BAI08 Manage Knowledge
  • Penjelasan:

Enabler Goals

Learning and Growth

EDM

17 Knowledge, expertise and initiatives for business innovation

EDM02

Ensure Benefits Delivery

APO

17 Knowledge, expertise and initiatives for business innovation

APO01

Manage the IT Management Framework

APO02

Manage Strategy

APO04

Manage Innovation

APO07

Manage Human Resources

APO08

Manage Relationships

BAI

17 Knowledge, expertise and initiatives for business innovation

BAI05

Manage Organisational Change Enablement

BAI08

Manage Knowledge

4. Learning and Growth – 17 expertise and initiatives for business innovation

aDomain EDM (Evaluate, Direct, Monitor) :

  • Enabler Goal: EDM02 Ensure Benefits Delivery
  • Penjelasan: Mengoptimalkan kontribusi nilai terhadap bisnis dari proses bisnis, layanan TI dan aset TI yang dihasilkan dari investasi yang dilakukan oleh TI di biaya yang dapat diterima.

bDomain APO (Align, Plan, Organize) :

  • Enabler Goal: APO01 Manage the IT Management Framework
  • Penjelasan: APO01 berkaitan dengan pengelolaan manajemen IT. Perusahaan perlu memperhatikan SOP dalam pengelolaan IT. Hal itu termasuk pembuatan, pengembangan dan maintenance.
  • Enabler Goal: APO02 Manage Strategy
  • Penjelasan: APO02 berkaitan dengan manajemen strategi. Dalam upaya pengelolaan organisasi dan meningkatkan value perusahaan, stakeholder perlu menentukan strategi seperti apa yang cocok diterapkan untuk perusahaan dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang.
  • Enabler Goal: APO04 Manage Innovation
  • Penjelasan : kombinasi dari manajemen dari proses inovasi dan manajemen perubahan. Hal ini mengacu pada produk, proses bisnis, dan inovasi organisasi.
  • Enabler Goal: APO07 Manage Human Resources
  • Penjelasan: APO07 pengelolaan sumber daya manusia. Perusahaan harus dapat memberdayakan dan memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya. Pelatihan, sertifikasi dan penempatan sesuai dengan jobdesknya merupakan beberapa opsi pemberdayaann sumber daya manusia.
  • Enabler Goal: APO08 Manage Relationships
  • Penjelasan: APO08 manajemen hubungan. Hubungan perusahaan baik secara internal maupun eksternal dapat membantu meningkatkan kekuatan perusahaan. Perusahaan dapat lebih solid dan juga kompak. Selain itu, perusahaan mampu melakukan proyek-proyek besar dan meningkatkan kepercayaan dengan pihak eksternal.

cDomain BAI (Build, Acquire, Implement) :

  • Enabler Goal: BAI05 Manage Organisational Change Enablement
  • Penjelasan : Tujuannya adalah mempersiapkan dan mengelola sumber daya untuk perubahan organisasi dan mengurangi risiko kegagalan.
  • Enabler Goal: BAI08 Manage Knowledge
  • Penjelasan : Strategi yang digunakan untuk menjaga, menganalisis, mengorganisir, meningkatkan, dan berbagi pemahaman dan pengalaman. Pemahaman dan pengalaman tersebut dapat berasal dari individu atau terintegrasi dalam proses dan aplikasi dalam suatu organisasi.

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkenalan Penulis Blog

Resume Paper Tata Kelola Audit IS/IT COBIT 5: Pengukuran Level Kapabilitas (Capability Level) Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Koperasi Unit Desa Mino Saroyo Cilacap Menggunakan Cobit 5

COBIT 5 process maturity & capability model